Industri fesyen Indonesia punya pemain baru, World Fashion Connect (WFC) yang pada Kamis, 19 Januari 2016 diperkenalkan dan diresmikan di Jakarta. WFC adalah agensi independen yang bertujuan ikut berkontribusi mengangkat industri kreatif, khususnya dunia fesyen Indonesia, dan membawanya ke industri fesyen global.
WFC didirikan pada November 2016 oleh empat perempuan yang memiliki jaringan global di lingkup fashion buying agent serta media internasional, yakni Indra Sukirno, Moskwita Darmawan, Ina Indrawati, dan Dahlia Sardjono.
Konkritnya, WFC akan membangun jaringan kerjasama jangka panjang antara pelaku industri bidang perdagangan dan fesyen melalui para fashionpreneur, yakni desainer, kreator, dan pengusaha industri fesyen; dengan para buyer internasional. WFC juga akan memberikan forum bagi para fashionpreneur agar mendapat pengakuan dan eksposur brand serta produknya secara global.
Selain itu, WFC akan memperluas bisnis jaringan yang memungkinkan terjalinnya kesinambungan bisnis antara pelaku dengan produsen industri fesyen dan gaya hidup. Pekerjaan besar tersebut akan dijalankan bersama fashion curator dan para fashionpreneur.
Program edukasi dan pembekalan bakal dibuat dalam bentuk seminar berkala. Juga sesi fashion trade contacts and trade shows yang mempertemukan buyer dan fashionpreneur; serta kerja sama dengan fashion weeks di Indonesia dan luar negeri.
Managing Director WFC Indra Sukirno mengatakan, “Di setiap fashion week dalam negeri, produk Indonesia bagus-bagus, tapi mengapa brand Indonesia tak ada di luar negeri?”
Karena itu, salah satu cita-cita besar WFC adalah menggelar international fashion week di Indonesia sebab cara ini akan sangat efektif membuat nama Indonesia diakui di dunia fashion global dan membuka jalan bagi brand Indonesia ada di pasar internasional.
Satu syaratnya adalah brand lokal tersebut mengusung produk dengan sentuhan seni, etnik, dan budaya Indonesia.