Salah satu adegan dalam film A Story of Yonosuke (Foto: Ester Pandiangan)

“Kuantitas memang penting tetapi ketika kualitas film menjadi bagian dalam hidup manusia akan lebih baik lagi,” kata Kora Kengo pemain utama film A Story of Yonosuke dalam press conference Japanese Film Festival 2017 (JFF) di CGV Grand Indonesia Jakarta.

Kora merasakannya benar ketika berperan sebagai Yonosuke yang membuatnya didaulat menjadi Best Actor dalam Blue Ribbon Award 2014 dan Japan Film Professional Award 2014.  Film ini menuai banyak pujian karena dinilai sangat manusiawi dan terjadi pada kehidupan sehari-hari.

Dalam hidup ini kita pasti pernah merasa menjadi orang yang tak penting, padahal bisa jadi dalam sebuah pertemuan tak sengaja atau disengaja persinggungan tersebut telah mengubah jalan hidup seseorang. Sekiranya, inilah pesan dalam film A Story of Yonosuke yang akan tayang hari ini (2/11) pukul 19.00 WIB sebagai bagian dari rangkaian opening ceremony.

Jangan khawatir, Japanese Film Festival 2017 berlangsung 2 – 7 November 2017 dengan 20 film berkualitas mulai dari genre drama, komedi dan dokumenter. Sebagai referensi Anda, berikut adalah lima pilihan yang tidak boleh dilewatkan selama film festival ini berlangsung. Segera catat pemutarannya ya!

1. My Neighbor Totoro 

Sabtu 4 November, 13:40 WIB

Film animasi ini merupakan salah satu yang terbaik dari Studio Ghibli. Ceritanya sederhana saja tentang keluarga yang pindah rumah supaya dapat tinggal lebih dekat dengan rumah sakit dimana ibu mereka dirawat. Ada banyak konspirasi mengenai film ini yang disebutkanlah kalau film ini terinspirasi dari peristiwa pembunuhan di Jepang tahun 1963 dulu. Dibalik benar atau tidaknya film ini sempat menjadi fenomenal karena pernah sempat diputar di XXI dan diprotes karena dianggap jadul tapi kok diputar di bioskop. Hanya movie mania yang tahu kenikmatan menonton film di layar besar dengan soundsystem oke.

Baca juga Jakarta Biennale 2017 Libatkan 50 Seniman

2. My Uncle 

Minggu 5 November, 15:50 WIB

Hubungan antara paman dan keponakan yang manis akan tergambar jelas di sana. Bagaimana kalau seorang anak kecil memiliki paman yang tidak bisa bertanggung-jawab, kemudian secara tak sengaja ikut dalam petualangan absurd si paman mengejar cintanya? Temukan lucu dan hangatnya kasih sayang keluarga dalam film ini.

3. Her Love Boils Bathwater

Senin 6 November 2017, 21:00 WIB

Apa yang Anda lakukan ketika tahu ajal sebentar lagi akan menjemput? Tokoh utama dalam film ini membuat daftar pendek hal-hal yang harus dia tuntaskan sebelum mati. Menyiapkan anak perempuannya menjadi orang yang mandiri, mencari suaminya yang telah lama hilang dan juga menyingkap rahasia terdalam hidupnya. Pernah berpikir membuat daftar serupa?

4. ReLife

Minggu 5 November 2017, 11:10 WIB

Bosan dengan kehidupannya yang sepertinya sia-sia; pengangguran dan membosankan, seorang pria tiba-tiba saja mendapat kesempatan untuk ikut dalam program “ReLife”, menjadi muda kembali dan mendapatkan hidup yang baru. Apakah dia menyenangi hidup barunya tersebut atau tidak ya? Kita jarang sadar kalau apa yang kita inginkan belum tentu terbaik, menyelesaikan apa yang di depan mata jauh lebih masuk akal dan dewasa untuk dilakukan.

5. Honnouji Hotel

Selasa 7 November, 21:00 WIB

https://www.youtube.com/watch?v=mJW305CadBg

Rencana awal hanya ingin bertemu dengan pacarnya di kota berbeda dan dia memutuskan untuk menginap di hotel kuno yang secara mengejutkan melemparnya ke masa lampau saat era feodal Jepang dan bertemu dengan Oda Nobunaga, tokoh sejarah fenomenal. Cerita yang menarik karena ada selipan sejarah di dalamnya. penutup_small

Baca juga “Membedah” Sosok Chairil Anwar Lewat Empat Perempuan Istimewa Dalam Hidupnya