5 Acara Seni Penting di Januari 2018

0
6026

5. Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Ya (6 Januari – 9 Februari 2018, Redbase Foundation Yogyakarta)

Pameran bersama berjudul WOVEN pada 2017, Ida Lawrence, MY PAKDHE (MY UNCLE) IS A DEVOUT MUSLIM, 2017, acrylic on playwood, 76 x 120 cm (DIPTYCH)_Foto: Bridie Gillman (idalawrenceprojects.files.wordpress.com 2017)
Pameran bersama berjudul WOVEN pada 2017, Ida Lawrence, MY PAKDHE (MY UNCLE) IS A DEVOUT MUSLIM, acrylic on playwood, 76 x 120 cm (DIPTYCH), 2017. Foto: Bridie Gillman (idalawrenceprojects.files.wordpress.com 2017)

Bagi yang hobi jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri, kalimat “Jangan lupa bawa oleh-oleh ya….” pasti sudah tidak asing di telinga kan? Lucunya, kalimat ini dijadikan sebagai judul pameran Ida Lawrence, seniman Australia yang telah beresidensi sejak awal Desember 2017 di Redbase Foundation Yogyakarta.

Ida Lawrence adalah seniman berdarah Indonesia dan Australia yang tertarik menggali berbagai cerita, baik berupa fakta maupun fiksi. Sebelumnya, Ida juga pernah beresidensi di Tembi Rumah Budaya pada 2012.

Baca juga Memberi Arti Pada yang Berjarak

“Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Ya (Don’t Forget to Bring Back Souvenirs)” merupakan pameran yang menggali cerita di balik oleh-oleh: apa yang kita ambil dan pahami dari tempat lain. Idenya berangkat dari cerita pribadi Ida mau pun teman-temannya, tentang oleh-oleh dari Yogyakarta. Dari cerita-cerita itulah, diketahui tentang benda-benda yang dijadikan oleh-oleh, mulai dari yang populer hingga yang unik.

Rencananya, pameran ini akan menghadirkan karya-karya yang cukup jenaka, namun juga memiliki muatan tentang sejarah kepulauan Indonesia sebagai wilayah jajahan. Redbase Foundation Yogyakarta berlokasi di Desa Jurug RT 02, No 72 Bangunharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta.