5 Trend Desain Produk Indonesia 2017 yang Mendunia

0
2479
Jenggala menyediakan produk keramik dengan desain dan kualitas terbaik.
Jenggala menyediakan produk keramik dengan desain dan kualitas terbaik. (Foto: Dok. nowbali.com)

Kekuatan produk-produk Indonesia ada pada keotentikan cara pembuatannya yaitu handmade. Hanya saja orang Indonesia masih sangat kurang menghargai desain yang membuat posisi kita kalah saing dengan negara-negara lain seperti China dan Thailand. Padahal dari segi kreativitas apalagi material, Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.

Dukungan dari pemerintah untuk mengembangkan keahlian dan mengeksplorasi material yang juga belum maksimal, membuat langkah pekerja seni terkhusus desain produk sedikit tersendat. Ditambah lagi mental followers (western oriented, terikut-ikut gaya influencer/public figure yang orientasinya tidak lokalitas), masih melekat pada masyarakat membuat penerimaan akan produk-produk negeri sendiri minim.

“Sudah saatnya kita menghargai desain dan mengubah mental ‘tukang jahit’. Jangan hanya mau jadi produsen saja tetapi desainernya juga,” kata Diana Nazir, desainer interior founder Artura Insanindo dan juga penggagas  ICAD (Indonesia Contemporary Art & Design).

Baca juga 11 Desain Produk Bambu Indonesia yang Dipamerkan di Chiang Mai Design Week 2017

Pun begitu, di tengah kondisi yang terbatas, produk-produk Indonesia mampu merebut pasar internasional menorehkan prestasi luar biasa di pasar produk internasional. Berikut adalah lima desain produk Indonesia 2017 yang mendunia. Sejauh ini material rotan dan bambu masih mendominasi, ke depannya menurut Diana masih banyak material lain yang bisa dijajal seperti metal (logam), kaca, pasir, kulit sapi dan batu.