Serba-Serbi Bekal Seni

0
271
Studio AD Pirous dan Erna Garnasih, dilengkapi berbagai alat penunjang proses berkesenian. (Dok: Dhamarista Intan)

Untuk menciptakan sebuah karya seni, diperlukan berbagai perlengkapan yang mampu menunjang pembuatnya untuk berkreasi. Meski kini membuat karya seni bisa menggunakan media apapun, termasuk bahan daur ulang, namun sebagian pecinta seni rupa masih tetap setia menggunakan peralatan konvensional yang dapat ditemui di beberapa pusat alat seni.

Bagi para pecinta seni rupa yang acapkali kesulitan untuk memenuhi bekal berkeseniannya, ada beberapa informasi tentang jasa penyedia alat seni yang bisa Anda tengok. Dilengkapi pula dengan pusat restorasi-konservasi, pembuatan bingkai, hingga tentang perusahaan yang mendukung seni rupa.

Penyuplai Bahan Seni

  1. Artland

Tempat yang satu ini pastinya tidak asing lagi bagi para perupa. Pasalnya, Artland memiliki banyak toko yang tersebar di berbagai daerah Jakarta, misal: Menteng, Lebak Bulus, Serpong, dan STC Senayan. Mereka menyediakan perlengkapan melukis mulai dari kanvas dalam berbagai ukuran, cat, alat melukis, bahan kerajinan, dsb. Selain itu, harga yang ditawarkan di Artland lebih terjangkau.

Baca juga Crossover Program Marakkan Asian Games 2018

Gerai:

Points Square Lebak Bulus, 3A floor, No. 15 – 25, South Jakarta
Phone: +6221 7592.0033
Open : Mon-Sun 10.00-20.00

Menteng Huis, 2nd floor No. 02, Jl. Cikini Raya No. 2-4 Menteng  Central Jakarta
Phone +6221 3983.1850
Open: Mon-Sun 10.00-20.00

STC Senayan LG No. 12 – 14| Phone: +6221 5793 1275
Open: Mon-Sun 11.00-19.00

GADING SERPONG Jl. Raya Boulevard Gading Serpong, Blok BA 3 No. 41-43
Perumahan Gading Serpong, Tangerang
Phone: +6221 5421.0018
Open: Mon-Sat  08.00-22.15, Closed on Sundays

Artland Menteng Huis (sumber: foursquare)
Artland Menteng Huis (sumber: foursquare)
  1. ARTeMedia

Artemedia sejak 2001fokus berdiri menjadi salah penyedia alat –alat seni. Bertempat di Arteri Pondok Indah, Artemedia sering menjadi langganan bagi seniman-seniman yang menginginkan kualitas cat bagus. Produk-produk seperti Derwent, Winsor & Newton, Reeves, hingga Liquitex bisa ditemukan di sini, dan dibeli dalam bentuk paketan maupun satuan. Jadi tidak heran jika harganya cenderung lebih mahal. Ada harga ada kualitas.

Lokasi:

Jl. Sultan Iskandar Muda 16D
Arteri Pondok Indah
Jakarta Selatan, 12310
Telp. (021)7265543

  1. Gerai Faber Castell, Plaza Senayan

Pada 2017 silam di Plaza Senayan, Faber Castell membuka gerai pertamanya. Gerai ini mengambil konsep butik dan menjual lengkap produk-Faber Castell.  Berbagai macam pensil warna dengan rentang pantone yang luas tersaji di gerai Faber Castell. Pensil-pensilnya pun dapat dibeli satuan.  Faber Castell, perusahaan asal Inggris ini memang sudah lama menancapkan jaringan bisnisnya di Indonesia. Faber Castell juga gencar mendukung seniman-seniman tanah air, salah satunya adalah pameran Goenawan Mohamad pada 30 Mei—20 Juni silam.

Lokasi:

Lower Ground, Plaza Senayan, Jakarta

 

Konservasi-Restorasi dan Pembuatan Bingkai

  1. Art Restauro Laboratory (AR Lab)-Art1 Museum

Didirikan pada 2005 oleh Monica Gunawan, AR Lab, yang merupakan bagian dari ART:1 Museum, menyediakan layanan konservasi dan restorasi seni. AR Lab yang berlokasi di Jakarta, memiliki peralatan laboratorium lengkap dan metode restorasi yang responsif, mampu memperbaiki lukisan yang rusak atau robek serta pembersihan kanvas.

AR Lab, menyediakan jasa restorasi-konservasi, dan pembuatan bingkai. (sumber: art1 museum)
AR Lab, menyediakan jasa restorasi-konservasi, dan pembuatan bingkai. (sumber: art1 museum)
  1. Primastoria Studio

Didirikan sejak 1992, Primastoria Studio berupaya melestarikan semua jenis karya seni dan sejarah, baik secara fisik (konservasi) dan non-fisik (dokumentasi digital). Sistem dokumentasi digital akan menjabarkan kondisi fisik lukisan, bahan dan teknik, serta data klimatologi yang akan digunakan sebagai acuan rekomendasi. Tidak hanya melakukan konservasi pada lukisan, studio ini juga menyediakan jasa konservasi kayu, buku, batu, hingga logam. Berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, Primastoria Studio menyediakan layanan konservasi, konsultasi, dan perawatan berkala.

Baca juga Studio Konservasi dan Restorasi Seni di Singapura dan Indonesia

  1. Décor 8

Selain penyedia jasa bingkai offline, terdapat pula Décor 8 yang menyediakan jasa pembuat bingkai secara online. Didirikan pada 2017, situs Décor 8 akan memudahkan para penggunanya untuk menyesuaikan ukuran dan bentuk bingkai. Sedangkan waktu pengerjaannya memakan waktu maksimal lima hari kerja. Untuk selengkapnya silakan cek DECOR8.ID

 

Perusahaan Pendukung Seni Rupa

  1. Propan

Perusahaan cat Propan pada tahun ini menjadi salah satu partner Art Jog. Sejak lama, Propan gencar mendukung berbagai macam acara seni hingga mengadakan berbagai macam kompetisi seni, mulai dari tingkat mahasiswa hingga profesional. Selain Art Jog, acara bergengsi lainnya yang didukung oleh Propan adalah Street Dealin’, sebuah acara hajat bagi para street artist. Gelaran ini mempertemukan berbagai seniman jalanan baik dalam dan luar negeri untuk berkreasi serta berkolaborasi.

Street Dealin', salah satu dukungan Propan pada street art (sumber: Gastank Magazine)
Street Dealin’, salah satu dukungan Propan pada street art (sumber: Gastank Magazine)
  1. Nippon Paint

Tidak hanya Propan, perusahaan cat Nippon Paint juga terlibat di sejumlah acara seni dan desain. Kontribusi Nippon Paint salah satunya ditujukan bagi seniman urban lewat Tropica Bali Street Art Festival. Festival ini merupakan salah satu festival mural bergengsi yang mempertemukan street artist  Indonesia dan mancanegara. Tema yang diangkat biasanya seputar isu lingkungan dan sosial, khususnya yang terjadi di Bali. Perusahaan cat asal Jepang ini juga pernah menjadi sponsor utama Casa by Bravacasa 2013, sebuah pameran home living tahunan yang menampilkan berbagai inovasi desain produk dan interior di Indonesia. Penyelenggaraan Casa by Bravacasa tersebut bersamaan dengan digelarnya Bazaar Art Jakarta 2013. Nippon Paint turut memberi kontribusi lewat kolaborasi bersama seniman Bali yang membuat mural di sekeliling Pacific Place, yang menjadi lokasi dua acara tersebut.

  1. Martell Cognac

Sejak tahun 2011, Martell Cognac , brand premium minuman beralkhohol mendukung jagat kesenian tanah air dengan mengadakan berbagai macam pameran seni rupa. Pada 2013, Martell menggelar pameran Contemporary Art Exhibition. Disusul dengan  pameran “No Other Color” pada 2015, “Living with Art” pada 2016, ArtXFashion pada 2017, dan yang terbaru adalah ““A Small Universe in Field of Meaning” di Edwin’s Gallery pada Juni silam. Terhitung dalam setahun, 2—3 kali Martell bekerjasama dalam pameran seni. Umumnya, mereka melibatkan 10—15 seniman.  Bentuk kerja samanya antara lain membiayai sewa tempat, organizing committee, serta ongkos kirim karya jika senimannya dari luar kota.

Baca juga Berkarib Seni dengan Brand Ternama

  1. Gudang Garam

Perusahaan rokok satu ini bekerjasama dengan YSRI (Yayasan Seni Rupa Indonesia) menggelar Gudang Garam Indonesia Art Award (GGIAA). Gudang Garam resmi menjadi sponsor acara penghargaan ini sejak 2013. Sebelumnya, penghargaan dan kompetisi ini didukung oleh perusahaan rokok multinasional Philip Morris hingga 2001 dan dikenal dengan nama Philip Morris Group of Companies Indonesia Art Award. Dengan sponsor yang baru, kini GGIAA merubah formatnya menjadi ajang dua tahunan (biennale). Gelaran terakhirnya berlangsung pada April lalu, yang lebih menaruh perhatian pada seniman komik.

  1. Djarum

Melalui Bakti Budaya Djarum Fundation, perusahaan rokok terkenal Djarum telah sejak lama menyokong seni rupa Indonesia dengan pemberian dana pameran hingga beasiswa bagi para seniman. Tidak hanya itu, Djarum juga mendirikan Galeri Indonesia Kaya yang bertempat di lantai 8, West Mall, Grand Indonesia. Galeri Indonesia Kaya dilengkapi auditorium yang dapat digunakan untuk pertunjukan teater, music, pemutaran film, diskusi, dll. Di samping itu, Galeri Indonesia Kaya juga kerap menggelar pameran-pameran seni rupa.penutup_small