Yang Mana Karakter Kopimu?

0
715
biji kopi toratima sulawesi tengah

Salah satu kekhasan kopi Indonesia adalah aroma tanah yang tersiram air hujan. Hal ini tak lepas dari curah hujan yang tinggi di Indonesia. Beberapa juga mengeluarkan aroma-aroma herbal, seperti rempah-rempah dan kayu manis.

Karakteristik kopi sangat dipengaruhi tempat pohon kopi tumbuh. Kopi yang berasal dari Afrika dan Arab, misalnya, memiliki rasa dan aroma buah-buahan (fruity) karena dipengaruhi pohon buah yang tumbuh di Afrika dan Arab.

Sekitar 40% aroma kopi dipengaruhi oleh pengelolaan pascapanen (dry process dan wet process), 30% saat greenbean masuk tahap roasting dan 10% ditentukan oleh barista.

Baca juga Dari Afrika, Kopi Menyihir Dunia

Berikut karakter kopi dinilai dari komponen-komponen berikut:

Acidity (tingkat keasaman)

Keasaman atau acidity adalah karakter yang berhubungan dengan kecerahan warna pada kopi dan memberikan sensasi rasa di tepi lidah. Rasa asam yang terlalu dominan akan membuat rasa kopi tidak enak. Biji kopi terbaik cenderung memiliki tingkat keasaman rendah.

Tingkat keasaman ditentukan oleh tempat tumbuh dan pengolahan kopi. Kopi yang ditanam di dataran tinggi kaya akan mineral, sehingga tingkat keasaman tinggi. Sedangkan yang di dataran rendah kandungan asamnya relatif rendah.

Biji yang melalui wet process memiliki kandungan asam lebih tinggi dibandingkan dry process.

Body (tingkat kekentalan kopi seduh)

Body merupakan rasa tingkat kekentalan kopi yang dapat dirasakan oleh lidah saat menyeruput. Range kekentalan berkisar dari ringan hingga berat yang biasanya dipengaruhi oleh proses pemanggangan kopi. Kopi yang dipanggang secara medium akan memiliki body yang lebih berat dibandingan yang dipanggang ringan.

Baca juga Sedapnya Kopi, dari Curiga Anak Gembala

Aroma

Aroma kopi merupakan karakter spesifik kopi yang dapat dicium oleh indra hidung berupa bau sedap. Aroma kopi terbagi menjadi dua sifat yaitu aroma yang tercium saat kopi baru saja dibubukkan (grinded) yang disebut dengan fragnance dan aroma kopi yang tercium setelah 3-4 menit kopi diseduh yang disebut sebagai aroma. Aroma kopi yang umumnya ditemukan di antaranya earthy, spicy, floral atau nutty.

Flavor (rasa)

Rasa adalah sesuatu yang dirasa oleh lidah. Flavor merupakan sifat khusus yang merupakan kombinasi dari aroma, aftertaste, acidity dan body. Flavor yang umumnya dikeluarkan oleh kopi antara lain fruity, honey, herb, dan spicy. Nilai untuk flavour harus mencakup pengaruh, kualitas, dan kompleksitas gabungan aroma dan rasa saat menyeruput. penutup_small

infografis varian kopi nusantara